Input RKA Input Belanja di SIPD

 Input RKA

Pengelompokan Objek Belanja pada RKA:

  1. - Belanja Gaji Tunjangan dan ASN
  2. - Belanja Barang Jasa dan Modal
  3. - Belanja Bunga
  4. - Belanja Subsidi
  5. - Belanja Hibah Barang / Jasa 
  6. - Belanja Hibah Uang
  7. - Belanja Bantuan Sosial Barang / Jasa
  8. - Belanja Bantuan Sosial Uang
  9. - Belanja Belanja Bagi Hasil
  10. - Belanja Bantuan Keuangan
  11. - Belanja Tidak Terduga ( BTT )
  12. - Belanja BOS ( Bos Pusat )
  13. - Belanja BOS Kesetaraan ( Bos Pusat )
  14. - Belanja BOP Paud ( BOP Paud Pusat )
  15. - Belanja Belanja Operasional ( BLUD )
  16. - Belanja Pembebasan Tanah / Lahan
  17. - Belanja Sewa Tanah
  18. - Belanja Pembayaran Hutang Belanja
Berdasarkan cara input dapat dikelompokkan sebagai berikut :

1. Input nilai belanja secara manual ( Glondongan )

  1. Belanja Gaji Tunjangan dan ASN
  2. Belanja Operasional ( BLUD )
2. Input belanja berdasarkan standart harga ( SSH, SBU, HSPK, ASB )
  1. Belanja Barang Jasa dan Modal
3. Input belanja berdasarkan objek penerima 
  1. Belanja Hibah Barang / Jasa 
  2. Belanja Hibah Uang
  3. Belanja Bantuan Sosial Barang / Jasa
  4. Belanja Bantuan Sosial Uang
  5. Belanja BOS ( Bos Pusat )
  6. Belanja BOS Kesetaraan ( Bos Pusat )
  7. Belanja Belanja Bagi Hasil
  8. Belanja Bantuan Keuangan 

1. Input nilai belanja secara manual ( Glondongan )

    Objek Belanja Gaji dan Tunjangan ASN, Belanja 
    Operasional ( BLUD )


    Langkah-langkah input Belanja Gaji Tunjangan dan ASN, Belanja Operasional ( BLUD ) di SIPD sebagai Berikut;

    Input Belanja Gaji Tunjangan dan ASN ;

            1. Login SIPD
            2. Pada halaman dashboard pilih menu Sub Kegiatan Belanja.

    Halaman Dashboard dan Menu SIPD

            3. Pilih sub kegiatan yang mau diinput RKA > Klik detail rincian ( pastikan status rincian sub kegiatan yang mau diinput belum dikunci )

    Tampilan Sub Kegiatan SIPD

            4. Selanjutnya klik +Standar Harga.

        
            5. Silahkan isi form rincian belanja sesuai data.


     Ini adalah inputan data dari rincian belanja, Belanja Gaji dan Tunjangan ASN. Berikut adalah beberapa data yang ada di data Belanja Gaji dan Tunjangan ASN;
    1. Objek belanja ( Pilih Belanja Gaji dan Tunjangan ASN )
      1. Rekening / Akun
      2. Pengelompokan Belanja / Paket Belanja
      3. Satuan 
      4. Harga 
      5. Keterangan
      6. Koefisien (Perkalian), Volume  = pilih satuan => Isiannya n=1 s.d 4
      Referensi Artikel;


       
      Input Belanja Operasional ( BLUD )

              1. Pada halaman dashboard pilih menu Sub Kegiatan Belanja.

      Halaman Dashboard dan Menu SIPD

              2. Pilih sub kegiatan yang mau diinput RKA > Klik detail rincian ( pastikan status rincian sub kegiatan yang mau diinput belum dikunci )

      Tampilan Sub Kegiatan SIPD

              3. Selanjutnya klik +Standar Harga.

          
              4. Silahkan isi form rincian belanja sesuai data.


       Ini adalah inputan data dari rincian belanja, Belanja Operasional ( BLUD ). Berikut adalah beberapa data yang ada di data Belanja Operasional ( BLUD );
      1. Objek belanja ( Pilih Belanja Operasional ( BLUD ) )
        1. Rekening / Akun
        2. Pengelompokan Belanja / Paket Belanja
        3. Satuan 
        4. Harga 
        5. Keterangan
        6. Koefisien (Perkalian), Volume  = pilih satuan => Isiannya n=1 s.d 4
        Referensi Artikel; 



        2. Input belanja berdasarkan standart harga ( SSH, SBU, HSPK, ASB )
          Input RKA
          Belanja Barang  Jasa dan Modal

          Langkah-langkah input Belanja Barang  Jasa dan Modal di SIPD sebagai Berikut;

          Input Belanja Barang  Jasa dan Modal
                  1. Pada halaman dashboard pilih menu Sub Kegiatan Belanja.

          Halaman Dashboard dan Menu SIPD

                  2. Pilih sub kegiatan yang mau diinput RKA > Klik detail rincian ( pastikan status rincian sub kegiatan yang mau diinput belum dikunci )

          Tampilan Sub Kegiatan SIPD

                  3. Selanjutnya klik +Standar Harga.

              
                  4. Silahkan isi form rincian belanja sesuai data.


           Ini adalah inputan data dari rincian belanja, Belanja Barang  Jasa dan Modal. Berikut adalah beberapa data yang ada di data Belanja Barang  Jasa dan Modal;
          1. Objek belanja ( Pilih Belanja Barang  Jasa dan Modal )
            1. Rekening / Akun
            2. Pengemlompokan Belanja / Paket Belanja
            3. Jenis standar harga (SSH / SBU / HSBK / ASB)
            4. Komponen 
            5. Spesifikasi komponen (Otomatis terisi saat Komponen sudah di set)
            6. Satuan (Otomatis terisi saat Komponen sudah di set)
            7. Harga (Otomatis terisi saat Komponen sudah di set)
            8. Keterangan
            9. Tambahkan pajak ( Tidak wajib diaktifkan )
            10. Koefisien (Perkalian), Volume  = pilih satuan => Isiannya n=1 s.d 4
            Referensi Artikel; 



            3. Input belanja berdasarkan objek penerima 
              Input RKA
              Objek Belanja BOS ( Bos Pusat ), Belanja BOS Kesetaraan ( Bos Pusat ),  Belanja Bantuan Sosial Barang / Jasa, Belanja Bantuan Sosial Uang, Belanja Hibah Barang / Jasa , Belanja Hibah Uang, Belanja Bagi Hasil, Belanja Bantuan Keuangan




              Langkah-langkah input Belanja BOS ( Bos Pusat ), Belanja BOS Kesetaraan ( Bos Pusat ),  Belanja Bantuan Sosial Barang / Jasa, Belanja Bantuan Sosial Uang, Belanja Hibah Barang / Jasa , Belanja Hibah Uang, Belanja Bagi Hasil, Belanja Bantuan Keuangan di SIPD sebagai Berikut;

              Input RKA Objek Belanja Dana BOS
                      1. Pada halaman dashboard pilih menu Sub Kegiatan Belanja.

              Halaman Dashboard dan Menu SIPD

                      2. Pilih sub kegiatan yang mau diinput RKA > Klik detail rincian ( pastikan status rincian sub kegiatan yang mau diinput belum dikunci )

              Tampilan Sub Kegiatan SIPD

                      3. Selanjutnya klik +Standar Harga.

                  
                      4. Silahkan isi form rincian belanja sesuai data.


               Ini adalah inputan data dari rincian belanja, Objek Belanja Dana BOS. Berikut adalah beberapa data yang ada di data Objek Belanja Dana BOS;
              1. Objek belanja ( Pilih Objek Belanja Dana BOS )
                1. Rekening / Akun
                2. Pengelompokan Belanja / Paket Belanja
                3. Penerima Bos Pusat


                  Form Penerima Dana Bos terdiri dari;
                  • Jenis Penerima
                  • Nama 
                  • Alamat
                  • Pilih Provinsi
                  • Pilih Kabupaten/ Kota
                  • Pilih Kecamatan
                  • Pilih Kelurahan/ Desa
                  • No Telepon

                4. Satuan 
                5. Harga 
                6. Keterangan
                7. Koefisien (Perkalian), Volume  = pilih satuan => Isiannya n=1 s.d 4
                Note; Setiap jenis penerima form pengisian data akan berbeda.
                Referensi Artikel; 


                Input RKA Objek Belanja Bantuan Sosial 
                    
                        1. Silahkan isi form bantuan sosial sesuai data.


                Ini adalah inputan data dari rincian belanja, Objek Belanja Bantuan Sosial.
                Berikut adalah beberapa data yang ada di data Objek Belanja Bantuan Sosial;
                1. Objek belanja ( Pilih Objek Belanja Bantuan Sosial )
                  1. Rekening / Akun
                  2. Pengelompokan Belanja / Paket Belanja
                  3. Penerima Bantuan Sosial


                    Form Penerima Bantuan Sosial terdiri dari;
                    • Jenis Penerima
                    • Nama 
                    • Alamat
                    • Pilih Provinsi
                    • Pilih Kabupaten/ Kota
                    • Pilih Kecamatan
                    • Pilih Kelurahan/ Desa
                    • No Telepon

                  4. Satuan 
                  5. Harga 
                  6. Keterangan
                  7. Koefisien (Perkalian), Volume  = pilih satuan => Isiannya n=1 s.d 4
                  Note; Setiap jenis penerima form pengisian data akan berbeda.
                  Input RKA Objek Belanja Hibah ( Uang )

                    Apabila data objek Belanja Bantuan Sosial sudah diisi selanjutnya mengisi data Belanja Hibah 
                  ( Uang )


                  Ini adalah inputan data dari rincian belanja, Objek Belanja Hibah ( Uang ). 
                  Berikut adalah beberapa data yang ada di data Objek Belanja Hibah ( Uang );
                  1. Objek belanja ( Pilih Objek Belanja Hibah ( Uang ) )
                    1. Rekening / Akun
                    2. Pengelompokan Belanja / Paket Belanja
                    3. Penerima Hibah



                      Form Penerima Dana Bos terdiri dari;
                      • Jenis Penerima
                      • Nama 
                      • Alamat
                      • Pilih Provinsi
                      • Pilih Kabupaten/ Kota
                      • Pilih Kecamatan
                      • Pilih Kelurahan/ Desa
                      • No Telepon

                    4. Satuan 
                    5. Harga
                    6. Keterangan
                    7. Koefisien (Perkalian), Volume  = pilih satuan => Isiannya n=1 s.d 4
                    Note; Setiap jenis penerima form pengisian data akan berbeda.
                    Referensi Artikel; 














                    Komentar

                    Postingan populer dari blog ini

                    SIPD Chrome Extension untuk Migrasi Data dari SIPD ke SIMDA PINK Th. Anggaran 2022

                    FMIS Chrome Extension untuk Integrasi Data SIPD ke FMIS

                    Mapping Sumber Dana di WP-SIPD